teknik dasar bola voli, aturan bola voli, cara bermain bola voli, ukuran lapangan bola voli, voli, lapangan bola voli, lapangan voli, wasit voli, pemain voli, pemain bola voli

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli – Permainan bola voli adalah sebuah olahraga beregu. Dimana masing-masing regu berisikan enam pemain yang dibagi menjadi dua dan dipisahkan oleh net di tengah-tengah lapangan. Masing-masing regu harus berusaha keras secara tim mencetak skor dengan menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan peraturan-peraturannya.

Dalam usaha untuk mencetak skor, terdapat beberapa teknik dasar yang harus bisa dilakukan oleh para pemain. Semua pemain bola voli diwajibkan mengetahui dan mempelajari setiap teknik dasar bola voli untuk bisa menjadi pemain yang kompeten dalam mengikuti pertandingan. Meskipun pada prakteknya, beberapa pemain diberikan porsi atau peran tertentu menyesuaikan kelebihan dan kekurangan keterampilan bermainnya.

Teknik Dasar Bola Voli Sangat Penting

Ini dikarenakan teknik dasar saja bukan merupakan faktor satu-satunya yang harus dikuasai. Anda juga harus mempertimbangkan unsur penting lain seperti fisik pemain. Fisik ini masih dibagi menjadi fisik kekuatan, daya tahan, daya ledak, kecepatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan. Semua unsur saling mempengaruhi satu sama lain dan memberikan pengaruh pada praktek saat bermain.

Dikatakan oleh Nuril Ahmadi (2007:20) bahwa permainan bola voli merupakan suatu permainan yang kompleks. Merupakan sebuah permainan yang tidak mudah dilakukan setiap orang. Hal ini tidak lain dikarenakan dibutuhkan koordinasi gerak yang benar0benar bisa diandalkan. Gerakan yang seirama membuat seorang pemain dapat memainkan bola dengan leluasa. Walaupun begitu, menurut Ahmad Rithaudin dan Bernadicta Sri Hartati, 2016:52, bola voli adalah permainan yang menyenangkan dan bisa dilakukan dimana saja. Tentu saja oleh siapapun baik tua maupun muda.

Berikut ini pemaparan kami tentang macam-macam teknik bola voli besera penjelasanya.

Macam-Macam Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya

Salah satu teknik dasar permainan bola voli yang pertama diajarkan, bahkan dalam pelajaran olahraga tingkat sekolah dasar adalah melakukan servis. Servis bukan hanya sekedar memukul atau melambungkan bola ke area lawan sebagai penanda dimulainya permainan, namun juga menjadi tindakan serangan pertama tim yang melakukan servis. Karena, jika tim lawan tidak bisa mengembalikan servis dengan benar maka tim yang melakukan servis mendapat poin.

Oleh karena itu, para pemain bola voli hendaknya latihan melakukan servis secara rutin. Latihan rutin dalam melakukan servis akan membantu para pemain agar lebih fokus dan siap untuk melakukan servis.

Teknis dasar servis adalah:

  • Lempar bola ke atas dan/ atau sedikit ke depan
  • Angkat siku dengan membelakangi bola dengan posisi tangan bersiap memukul bola
  • Pukul bola pada bagian tengah belakang

Servis terkadang juga menentukan arah permainan dan penentu dalam memperoleh poin untuk kedua tim. Servis sendiri memiliki beberapa variasi.  Sebut saja servis tangan bawah, servis mengapung (floating serve), servis tangah atas (overhand around house serve) dan jumping serve.

Servis

Pada intinya, semua jenis servis dilakukan dengan posisi salah satu tangan memegang bola dan satu tangan memukul bola. Nah, bagaimana cara-caranya, tergantung variasi yang disukai sang pemain.

Macam-Macam Servis

Servis Tangan Bawah (Underhand Serve)

Servis tangan bawah adalah jenis servis dimana pemain tersebut memegang bola dari bagian bawah. Lalu tangan satunnya melakukan setengah putaran dari bawah ke arah pinggul sesuai arah jam. Dan memukul bola dari bawah menggunakan kepalan tangan ke arah area lawan.

Perlu diingat dalam olahraga seperti bola voli, diperlukan koordinasi tubuh untuk efesiensi maupun hemat energi. Maksud kami, teknik servis tangan bawah ini akan lebih efektif jika Anda juga menggerakkan anggota badan lainnya sebelum bola dipukul sehingga tidak hanya menggerakkan tangan saja. Hal ini juga dilakukan untuk menambah tenaga ketika memukul bola.

Saat bola sudah ditangan dan tangan satunya bersiap memukul bola, pastikan badan Anda ikut membungkuk. Saat mengayunkan tangan untuk memukul bola, badan pun mengikuti ayunan tangan sedikit ke atas (follow through). Ini dilakukan agar tenaga memukul bola tidak hanya berfokus pada tangan namun juga pada badan yang juga ikut mendorong. Sehingga menghemat tenaga pula.

Servis tangan bawah sangat mudah untuk dikembalikan oleh tim lawan jika dibandingkan dengan servis lainnya. Bagaimana tidak, servis ini seperti kita mengumpan bola ke rekan hanya saja umpan ini dilakukan sangat jauh. Seperti halnya umpan, maka tekanan atau kekuatan yang dihasilkan dengan cara demikian tidaklah banyak bahkan sama sekali tidak ada.

Maka dari itu, servis ini sangat jarang dilakukan dalam turnamen bola voli tingkat atas. Cara servis seperti ini sering digunakan oleh pemain baru atau turnamen-turnamen yang lebih rendah.

Servis Mengapung (floating serve)

Berbeda dengan servis tangan bawah, maka servis mengapung ini lebih kencang. Begitu kencang sehingga terkadang membuat bola sulit diprediksi arahnya. Ini membuat pemain lawan sulit mengembalikan bolannya.

Anda bisa mencobannya dengan cukup berdiri memegang bola. Satu tangan melemparkan bola ke atas. Pastikan tidak terlalu tinggi sehingga tanpa Anda melompat pun bola tetap bisa Anda pukul. Lalu pukul bola bukan dengan kepalan namun kepalan terbuka pada bagian belakang ke arah area lawan dengan sekuat tenaga. Untuk melakukan servis ini, jangan menggunakan jari-jari untuk memukulnnya namun telapak tangan. Ini memberikan kekuatan pada bola yang Anda pukul.

Trik agar mendapat tenaga lebih saat memukul bola adalah

  • Saat bola di atas, angkat tangan yang akan memukul bolannya dan bersamaan tubuh sedikit ke belakang.
  • Saat bola sudah dalam jangkauan, hempaskan tangan dan badan bersamaan seolah badan mendorong telapak tangan memukul bola.

Dengan menggunakan gerakan yang tepat, maka bola yang Anda pukul tidak akan bergerak terlalu melengkung seperti arah pelangi namun cinderung lebih datar. Jika arah lurus ini Anda dapatkan maka cukup sulit untuk mengembalikannya dengan teknik passing bawah jika posisi pemain tidak tepat. Karena saat bola mulai jatuh, maka landing point nya adalah leher atau dada pemain si penerima bola.

Servis Tangan Atas (Overhand Around House Serve)

Ini merupakan cara servis yang mirip dengan servis mengapung. Dari segi posisi saat akan melakukan servis tangan atas, sama persis dengan servis mengapung. Yang berbeda adalah saat memukul bola.

Dalam servis tangan atas maka pemain tidak memukul bagian tengah belakang bola namun umumnya bagian atas belakang bola dengan gerakan arah ke bawah. Agar bola tetap berada dalam kendali, maka pastikan jangan langsung menarik tangan ke belakang sebelum bola benar-benar melayang ke area lawan. Ini artinya, ayunkan tangan searah jarum jam hingga berputar setengahnya.

Servis ini cukup mudah untuk dikembalikan lawan kea rah Anda karena gerakannya yang tidak terlalu cepat maka mudah membaca gerakannya pula. Namun tetap saja dapat menyulitkan lawan karena putaran bola yang cepat yang dihasilkan.

Jumping Serve

Servis yang dilakukan dengan cara melompat. Seberapa tinggi lompatannya? Setinggi dan senyaman pemain. Umumnya, bola akan dilempar lebih tinggi daripada umumnya si pemain melempar bola saat melakukan servis.

Tingginnya bola yang dilempar ke atas ini bermaksud agar ia mendapatkan waktu yang cukup saat lari pendek menuju arah bola dan timing yang tepat saat memukul bolannya. Kesalahan umum dalam servis adalah lemparan bola yang kurang tinggi sehingga membuat pemain terburu-buru atau hilang momennya ketika akan memukul bolannya.

Dengan kesalahan-kesalahan tersebut, jumping serve memiliki kelebihannya sendiri dibandingkan servis lainnya. Kekuatan, putaran dan arah bola yang lebih besar didapatkan ketika jumping serve dilakukan. Bagaimana tidak, sesuai namannya “jumping” maka pemain akan melompat saat melakukan servis.

Bahkan sebelum melompat, pemain terlebih dahulu lari pendek dan barulah melompat untuk memukul bolannya. Lari ini memberi kekuatan dalam pukulannya. Membuat bola ketika dibuat floating service maka akan melesat kencang tanpa berputar ke arah yang diinginkan.

Pada intinya, jumping serve membuat servis lebih fokus. Tentu saja, tetap dengan resiko masing-masing servis ya. Tidak lupa juga, jumping serve juga berdampak pada tenaga si pemain yang dapat terkuras sedikit demi sedikit hanya dengan melakukan jumping serve. Be wise.

Passing

Selanjutnya ada passing yaitu  sebuah teknik dasar permainan bola voli lainnya yang diajarkan pada para pemain. Seperti halnya sepakbola yang menggunakan kaki, maka dalam bola voli para pemain hanya diperbolehkan menggunakan tangan untuk mengoper bola. Namun berbeda dengan sepabola yang memiliki variasi passing yang lebih banyak, maka dalam bola voli terdapat dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah.

Seperti yang kami paparkan sebelumnya, bahwasanya passing yang dilakukan dalam bola voli merupakan cara para pemain agar permainan terus berlanjut. Passing dilakukan antar pemain satu tim untuk memberikan alur pada bola sehingga bisa dikembalikan ke area lapangan lawan. Namun yang berbeda lagi dari sepakbola adalah adanya batasan dalam melakukan passing. Sehingga ini membuat para pemain tidak diperbolehkan memainkan bola terlalu lama di areanya.

Passing yang paling umum digunakan oleh pemain atlet dunia maupun bola voli di lapangan umum adalah passing bawah. Passing bawah yang lebih umum lagi menggunakan kedua tangan karena cara ini lebih aman. Seperti menyediakan media yang lebih lebar agar bola bisa dikembalikan.

Namun, ada pula pemain yang melakukan passing menggunakan satu tangan. Umumnya ini digunakan hanya dalam keadaan darurat ketika pemain tidak sempat menggunakan kedua tangannya. Tidak jarang para pemain bola voli pantai akan menggunakan satu tangan dalam passing. Ini dikarenakan jumlah pemain yang minimalis sehingga masih terdapat area yang kosong.

Oh ya satu lagi passing bawah biasa juga digunakan untuk mengembalikan bola dari smash lawan. Ini berarti Anda tidak sempat mengoper bola ke rekan Anda saking kencangnya smash lawan. Terkadang jika memang memungkinkan maka bola smash tadi dapat direda dengan passing bawah dan mengoper bola ke rekan Anda lalu melakukan serangan balik.

Lalu passing atas; ini umumnya digunakan hanya ketika akan melakukan smash ke arah area lawan. Kita tahu, pukulan smash itu sendiri sudah sulit nah jika passing atas saja tidak baik maka smash akan sulit didapatkan. Maka dari itu, passing atas lah solusinya.

Passing atas ini seperti memegang bola namun dari bagian bawah. Belum sampai benar-benar memegang bolannya (pegang bola cukup dengan jari-jari saja), si pemain akan langsung melemparnya ke atas. Atau ke arah di mana rekan yang akan melakukan smash berada. Control bola yang didapatkan dengan passing atas akan lebih  mudah sehingga timing pun mudah didapatkan.

Smash

Selain pukulan servis sebagai upaya awal dalam mencetak skor, smash adalah serangan utama. Smash dilancarkan dalam upaya mencetak skor menggunakan pukulan yang amat keras ke daerah lawan.

Smash merupakan teknik dasar permainan bola voli yang membentuk serangan dengan pukulan keras waktu bola berada di atas net untuk dimasukkan ke area lapangan lawan. Untuk melakukan pukulan smash yang baik dan tepat diperlukan banyak latihan, serta mempertimbangkan dan memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

Inilah pentingnya koordinasi pemain yang akan melakukan smash dengan pemain yang memberikan passing atas. Namun, dengan latihan yang terus dilakukan oleh pemain, maka seolah mereka akan hafal dengan timing nya.

Teknik dasar permainan bola voli yang tak kalah penting dipelajari adalah blocking atau menghalangi bola untuk masuk ke dalam area lapangan tim. Ini dilakukan ketika lawan hendak melakukan smash, Anda buat semacam pagar dengah kedua tangan diangkat sambil melompat untuk menghalangi bola smash masuk ke area Anda.

Kesimpulan

Keterampilan dasar dalam permainan bola voli sangat penting untuk dimiliki oleh atlet dalam mencapai prestasi yang maksimal. Keterampilan merupakan sebuah capaian yang konsisten dalam mencapai sebuah tujuan. Ini agar dapat terlaksana secara efektif dan efisien dimana ia ditentukan oleh kecepatan, ketepatan, bentuk dan kemampuan menyesuaikan diri.

Maka dari itu, permainan bola voli dewasa ini merupakan permainan yang kompleks, tidak mudah dilakukan oleh setiap orang lagi. Ini berlaku dalam hal turnamen kelas yang lebih tinggi.

Dalam hal permainan bola voli kampong, maka apapun tidaklah kompleks. Karena tuntutan yang tidak terlalu dibesar-besarkan

Leave a Comment