lapangan bola voli, bola voli indoor, voli pantai, peraturan bola voli, cara bermain bola voli, voli, lapangan voli, volleyball, volleyball field, sea games, wasit bola voli, pemain voli, sejarah bola voli, sejarah voli, william g morgan

Lapangan Bola Voli dan Ukurannya

Lapangan Bola Voli dan Ukurannya

Lapangan bola voli mirip dengan lapangan bulutangkis? Mari kita simak infomasi bermanfaat berikut ini. Ketika mempelajari permainan bola voli, salah satu hal yang harus diketahui tentu adalah lapangan bola voli. Lapangan voli memiliki standar dimensi yang harus dipatuhi jika ingin permainan ataupun pertandingan bola voli dianggap sah.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan luas 9 m × 18 m, dibagi menjadi dua bagian persegi sama besar oleh net yang dipasang di tengah dengan lebar satu meter. Ukuran tinggi net untuk pertandingan bola voli putra adalah 2,43 m sedangkan untuk putri adalah 2,24 m.

Ketika berada di luar ruangan, batas ketinggian bebas halangan tidak terlalu mengkhawatirkan karena tidak tertutup oleh atap. Selama tidak ada pepohonan yang menghalangi, tidak ada batasan ketinggian yang ditentukan.Namun untuk permainan bola voli di dalam ruang (indoor), batas ketinggian bebas halangan minimal untuk lapangan adalah 7-8 m, meskipun jarak ketinggian di atas itu lebih disarankan.

Beberapa Bagian dalam Lapangan Bola Voli

Ada beberapa bagian lagi yang membangun komponen lapangan bola voli, yaitu jarak garis untuk melakukan servis atau disebut dengan “attack line”. Attack line berada 3 meter paralel dari net.

Jarak tiga meter ini juga menjadi pembagi di mana pemain dikelompokkan dalam “front row” atau pemain depan, dan “back row” atau pemain belakang. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga pemain, di mana pemain depan berada di area “attack line” dan tiga pemain lainnya di belakang jarak 3 meter tersebut atau mendekati sisi luar lapangan.

Selain jarak bebas tinggi, lapangan bola voli juga memiliki jarak bebas yang mengelilingi lapangan inti atau disebut dengan zona bebas, yaitu minimal 3 m untuk jarak masing-masing panjang dan lebar lapangan inti. Di zona bebas inilah batas para pemain diperbolehkan melakukan pergerakan sekaligus menjadi zona di mana orang lain yang tidak berkepentingan dilarang masuk.

Penanda garis lapangan biasanya menggunakan cat warna putih dan bola yang jatuh di sepanjang garis area dimensi lapangan dianggap masuk atau dapat dimainkan. Di kedua sisi net akan dipasang antena tegak luru sebagai penanda atau perpanjangan batas sisi lapangan. Itu dia berbagai hal tentang lapangan bola voli yang perlu diketahui.

Bagaimana dengan Voli pantai?

Voli pantai sejatinya merupakan variasi dari permainan bola voli indoor yang umumnya kita mainkan. Perbedaan paling mencolok adalah pada lapangan dan jumlah pemain. Voli pantai menggunakan pasir sebagai lapangan bermain. Jumlah pemain dalam voli pantai pun lebih sedikit daripada bola voli indoor yaitu 4 orang. Masing-masing tim memiliki 2 pemain. Dan yang tidak kalah menarik adalah, voli pantai mempunyai peraturan dimana para pemain tidak bisa melakukan substitution atau pergantian pemain.

Ya, selama permain berlangsung orang 4 (empat) ini akan saling berhadapan. Tentu saja ya, lapanganyapun lebih kecil daripada lapangan bola voli indoor.

Lapangan voli pantai memiliki panjang 16 meter sedangkan lebarnya adalah 8 meter. Garis serang dalam voli pantai ditiadakan. Ini membuat 2 pemain dalam 1 (satu) regu bebas bergerak dengan posisi apapun selama dapat memainkan bola.

Sedangkan untuk tinggi net voli pantai sama dengan bola voli indoor yaitu 2,43 meter untuk putra dan 2,42 meter untuk putrid. Panjang net voli pantai yaitu 8,50 meter. Begitu juga dengan ukuran bola yang digunakan dalam voli pantai, sama dengan bola yang digunakan dalam voli indoor yaitu 65 sampai 67 cm. dengan berat bola yaitu 260 sampai 280 gram.

Penemu Bola Voli

Perlu Anda ketahui juga ya bahwa penemu permainan satu ini adalah William G. Morgan. Merupakan seorang lulusan YMCA, sebuah organisasi yang berfokuskan pada pengajaran ajaran Kristen kepada para pemuda saat itu. Permainan ini sendiri ditemukannya pada tahun 1985. Kala itu, William G. Morgan muda bertemulah dengan penemu permainan bola basket yaitu Naismith lalu terbesitlah untuk membuat suatu permainan baru.

Sebuah permainan dimana jika dimainkan oleh orang-orang dengan umur yang lebih senior tidak akan terlalu berat namun tetap bertumpu pada fisik dan kekuatan seseorang. Bukankah bola basket sudah cukup? Jawabannya “tidak” bagi si William G. Morgan. Ia merasa permainan bola basket terlalu agresif dan terlalu banyak kontak fisik yang terjadi selama permainan berlangsung.

Sedangkan William G. Morgan menginginkan sebuah permainan yang santai pula. Maka dari itu ia menggabungkan beberapa permainan yang popular saat itu yaitu baseball, bola tangkap, bola basket dan tenis. Tidak heran jika voli memiliki kesamaan dengan beberapa jenis olahraga lainnya. Mulai dari net, posisi para pemain, aturan main bahkan bola yang digunakan.

Awal mula bola yang digunakan dalam voli tidaklah seenteng atau seempuk saat ini. Awal permainan ini ditemukan, bola yang digunakan adalah bola basket! Bisa dibayangkan betapa sakitnya dan berat para pemain memainkannya.

Demikian informasi tentang lapangan bola voli yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment