bola basket, basketball, ukuran lapangan bola basket, lapangan bola basket, ukuran lapangan basket, basket indonesia, pemain basket, peraturan bola basket, teknik bola basket, NBL, IBL, DBL, NBA, spalding, rowlings, wilson, molton

Lapangan Bola Basket dan Ukurannya

Lapangan bola basket – Pada tahun 1891 seorang akademisi bernama Dr. James Naismith membuat terobosan baru dalam olahraga. Terutama olahraga yang dilakukan dalam sebuah ruangan atau indoor. Ya, bola basket atau basketball.

Ini berawal dari tugas  yang diberikan oleh atasannya. Kebutuhan yang mendesak saat itu karena para atlit di bawah naungan YMCA, Young Men’s Christian Association, harus tetap bugar meskipun sedang libur musim dingin.

Gagasan awal sebelum terciptannya bola basket, tidak muluk-muluk. James Naismith hanya ditugaskan membuat sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang dalam satu permainan. Namun permainan ini difungsikan untuk menjaga kesehatan, melibatkan fisik, tidak terlalu keras namun tetap seru.

Mungkin sebagian dari pembaca sudah tahu, sebelum tahun 1891 ini, beberapa permainan seperti sepakbola atau tenis sudah ada. Maka referensi saat itu adalah olahraga-olahraga mainstream yang ada namun oleh James Naismith telah dilakukan sedikit modifikasi.

Dengan tuntutan yang sesederhana tersebut maka Dr. James Naismith menggagas permainan bola basket pertama untuk  dimainkan para siswannya. Saat itu, permainan bola basket belum ada dribble atau gerakan-gerakan yang menguras tenaga, membutuhkan kelincahan signifikan, kekuatan atau fleksibilitas seperti saat ini.

Pada saat awal ia dimainkan, para siswa hanya diinstruksikan untuk melempar bola ke satu pemain dan lainnya. Skor akan didapat jika timnya bisa memasukkan bola ke sebuah wadah seperti tong sampah agak besar dan tidak ada lubang di bagian bawahnya.

Jadi bisa dibayangkan, setiap kali tim Anda mencetak skor, maka ball boy akan mengambilkan bolannya untuk melanjutkan permainan. Tidak hanya itu saja, saat itu belum ada tiang yang menyangga tong ini, hanya ditancapkan pada tembok. Simple banget sepertinya.

Well, sedikit banyak olahraga ini memang mirip dengan sepakbola, tenis, baseball atau rugby. Kira-kira, lapangan bola basket meniru olahraga yang mana ya?

Ukurang Lapangan Basket

Saat itu, lapangan bola basket apa adanya. Belum ada garis-garis atau lingkaran yang mengindikasikan suatu peraturan tertentu. Bahkan saat itu permainan bola voli pun belum ada. Sehingga bola basket dimainkan ala kadarnya. Dengan menggunakan gym milik YMCA.

Dewasa ini lapangan bola basket berbentuk persegi panjang. Dengan referensi ukruan tiap Negara cukup bervariasi. Sebut saja di negeri Paman Sam (Amerika Serikat), National Basketball Association (NBA) memiliki standard ukuran lapangan yang berbeda dari Federasi Bola Basket International. NBA menetapkan ukuran standard lapangan bola basket dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Sedangkan Federasi Bola Basket Internasional menetapkan standard ukuran lapangan bola basket dengan panjang 26 meter dan lebar 14 meter.

Tabel ukuran dan dimensi lapangan bola basket standard internasional.

Garis Standard Internasional (FIBA)
Panjang Lapangan 28 meter
Lebar Lapangan 14 meter
Garis Tengah 1,8 meter x 0,05 meter
Papan Pantul 1,8 meter x 1,2 meter
Papan Pantul ke Lantai 2,75 meter
Papan Pantul Bawah Ke Rim 0,3 meter
Tinggi Rim 3.05 meter
Daerah No Charge 1,22 meter
Diameter Lingkaran Tengah 3,6 meter
Jarak Tembakan 3-poin dengan Rim 6,75 meter
Daerah Terlarang 4,9 meter
Jarak garis free-throw denga papan pantul bagian bawah 4,6 meter

 

Seperti halnya organisasi sepakbola yang memiliki FIFA sebagai organisasi tertinggi klub-klub sepakbola di dunia, maka bola basket memiliki pengayomnya, FIBA. FIBA adalah Federasi Basket Internasional yang mengatur basket secara global. Mereka berpusat di Jenewa, Swiss.

Organisasi ini juga menghelat turnamen bola basket secara global. Bedannya adalah pada skala. FIBA menghelat pertandingan tingkat dunia. Mempertandingan setiap Negara yang masuk kualifikasi melawan Negara-negara di dunia. Bahkan bola basket sudah masuk di kancah Olimpiade dunia atau Asian Games.

Kalau dibahasakan yang lebih mudah, FIBA ini seperti provider (Telkomsel, XL dll.). Maka sebagai provider, kita dapat melakukan pengaduan atas kasus apapun yang berkaitan dengan bola basket Nasional maupun internasional. FIBA sebagai payung hokum, akan mengulurkan tangan membantu kita menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Tentu saja dengan alur jalur hokum yang sudah ditetapkan ya.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Sebelum membahas ukuran lapangan bola basket di Indonesia, mungkin baiknya bahas juga riwayat permainan ini ya. Hitung-hitung to pay a tribute kepada para pendahulu yang ikut serta mempopulerkan permainan bola basket di Nusantara.

Jadi, sebelum Republik Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, permainan ini sebenarnya sudah masuk ke Nusantara. Tepatnya sekitar tahun 1920-an. Permainan ini dibawa oleh para imigran berasal dari Cina yang masuk ke Indonesia.

FYI, sebelumnya, permainan bola basket memang sudah gencar dipopulerkan oleh YMCA di beberapa Negara ASIA seperti Cina, Jepang dan Jepang. Kita tahu juga saat itu Negara-negara tirai bamboo atau Jepang masih kental dengan kolonialisme Inggris. Dimana notabene YMCA berasal dari Negara tersebut. Maka tidak heran pula jika di Negara-negara tersebut sudah ramai dengan permainan satu ini.

Para imigran dari Cina ini masuk ke Indonesia membawa permainan bola basket yang pada akhirnya dapat diterima oleh masyarakat local. Sejarah mencatat terdapat beberapa sekolah Cina yang berdiri di Indonesia dan mengharuskan siswanya bisa bermain bola basket. Semacam subyek wajiblah bagi sekolah-sekolah tersebut.

Selang beberapa tahun, maka bermunculan perkumpulan bola basket. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Medan menjadi daerah sentral atas berkembangnya olahraga ini. Tidak hanya itu saja, kota-kota besar ini menjadi daerah pusat dimana perkumpulan bola basket dapat ditemukan.

Sebut saja Kota Semarang. Pada tahun 1930, kita sudah dapat menemukan perkumpulan bola basket. Chinese English School, Tionghwa Hwee, Fe Leon Ti Yu Hui, dan Pheng Yu Hui. Ini adalah nama-nama kelompok awal yang mempopulerkan bola basket. Jika Anda pernah  mendengar nama Sony Hendrawan (Liem Tjien Sion), seorang legenda bola basket Indonesia, ia berasal dari perkumpulan Pheng Yu Hui.

PERBASI

bola basket, basketball, ukuran lapangan bola basket, lapangan bola basket, ukuran lapangan basket, basket indonesia, pemain basket, peraturan bola basket, teknik bola basket, NBL, IBL, DBL, NBA, spalding, rowlings, wilson, molton, perbasi
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI)

Lalu terbentuklah PERBASI pada tahun 1951, organisasi yang menaungi olahraga bola basket seluruh Indonesia. PERBASI awalnya singkatan dari Persatual Basketball Seluruh Indonesia. Namun pada tahun 1955, kepanjangan tersebut mengalami perubahan menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Dan secara resmi, PERBASI diterima menjadi anggota FIBA pada tahun 1953. Turnamen internasional pertama yang Indonesia ikuti adalah Asian Games Manilla pada tahun 1954.

Hingga sekarang, PERBASI tetap solid menjadi badan olahraga yang mengurus bola basket di Indonesia.

Basket Indonesia Today

bola basket, basketball, perbasi, fiba, nba, peraturan bola basket, cara bermain bola basket, lapangan bola basket, ukuran lapangan bola basket, pemain bola basket, sejarah bola basket, naismith, YMCA, michael jordan, kobe bryan, o'neal, steve nash, yao ming, la lakers, houston rockets, NBL, IBL, basket indonesia
Indonesian Basketball League (IBL)

Jika dihitung-hitung dan melihat riwayatnya, permainan bola basket di Indonesia sebenarnya sudah lama. Hanya saja, mungkin untuk turnamen professional secara nasional, permainan ini mungkin masih muda. Atau mungkin para pengurusnya saja yang kurang baik dalam manajemen turnamen nasional sehingga terjadi beberapa perubahan bahkan hampir bubar!

Tahun 2003, Indonesia secara resmi menghelat kompetisi professional yang bernama Indonesian Basketball League (IBL). Turnamen ini diikuti oleh 10 tim papan atas di Indonesia. Turnamen ini berjalan mungkin tidak cukup lama ya. Tahun 2009 Indonesian Basketball League (IBL) terancam bubar karena berkali-kali ganti promoter. Mungkin promoter lelah?

Lalu perwakilan klub peserta meminta PT DBL Indonesia (Deteksi Basket Lintas) untuk tampil sebagai promoter turnamen kasta tertinggi di Indonesia hingga 2015 dan dilanjutkan oleh Starting Fiv hingga sekarang.

Secara umum dan menyuluruh, permainan bola basket di Indonesia sudah sangat merata. Bola basket menjadi salah satu aktivitas wajib dalam pelajaran jasmani setiap sekolah. Tidak sedikit pula sekolah-sekolah yang memiliki lapangan bola basketnya sendiri. Bahkan dipinggiran jalan tersedia pula lapangan bola basket gratis. Ini bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Namun jika ingin mendapat lapangan yang lebih baik, Anda disediakan banyak opsi atau tempat untuk menyewa. Agar Anda dapat bermain lebih nyaman sesuai keinginan. Ini membuktikan, bola basket sudah mendapat hati di masyarakat luas Nusantara.

Dalam hal turnamen resmi nasional, PT. DBL muncul sebagai promoter utama yang menghelat turnamen nasional tahunan bagi para pelajar nasional.

Lapangan Bola Basket Indonesia

Oke, sekarang kita bahas ukuran lapangan bola basket di Indonesia. Memang, setiap Negara memiliki kebijakan masing-masing dalam hal ukuran lapangan bola basket. Tidak terkecuali dengan Indonesia. Bahkan NBA sebagai liga tertinggi bola basket di Amerika Serikat memiliki standard ukuran lapangan yang berbeda dengan FIBA.

Namun, selisih ukuran ini tidak terlalu mencolok. Sedikit aneh sebenarnya jika diperhatikan di Indonesia ini. Secara resmi, PERBASI tidak memberikan standard ukuran lapangan bola basket nasional. Jika kita perhatikan artikel-artikel online yang tersebar, kami menemukan 3 ukuran lapangan yang berbeda. Mungkin jika dari para pembaca yang tahu perihal ini, Silahkan komen ya.

Sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak table berikut ini dulu.

Tabel Ukuran Lapangan Bola Basket Standard Indonesia

Garis Standard Indonesia (PERBASI)
Panjang Lapangan 25,5 meter, 28 meter, 29 meter

(telah kami cari-cari wacana dan kami menemukan 3 ukuran berbeda. Perbasi sendiri tidak merilis secara resmi ukuran standard nasional)

Lebar Lapangan 14 meter/ 15 meter
Garis Tengah 1,8 meter x 0,05 meter
Papan Pantul 1,8 meter x 1,2 meter
Papan Pantul ke Lantai 2,75 meter
Papan Pantul Bawah Ke Rim 0,3 meter
Tinggi Rim 3.05 meter
Daerah No Charge 1,22 meter
Diameter Lingkaran Tengah 3,6 meter
Jarak Tembakan 3-poin dengan Rim 6,75 meter
Daerah Terlarang 4,9 meter
Jarak garis free-throw denga papan pantul bagian bawah 4,6 meter

 

Sedikit menambahi dari subjudul sebelumnya dan setelahnya. Bagaimanapun juga bola basket saat ini menjadi olahraga yang sudah popular di Indonesia. Para promoter dengan semangatnya telah sukses mempopulerkan dan menjaga kepopuleran bola basket. Terutama bagi para anak muda yang ikut serta dalam turnamen DBL. Bahkan tidak sedikit para siswa yang berprestasi mendapat kesempatan untuk berkunjung ke club internasional. Tepatnya di Amerika Serikat. Mengunjungi markas besar panutan utama bola basket di NBA, Amerika Serikat.

Bahan dan Ukuran Bola Basket

Informasi tambahan perihal bola yang digunakan dalam permainan bola basket ya. Pada saat awal permainan bola basket ini ditemukan, Dr. James Naismith mengadopsi bola dari sepakbola. Agak keras dan sedikit modifikasi kurang bundar. Saat itu belum ada bahan sintetis atau material-material seperti hari ini. Jadi kebanyakan hanya menggunakan kulit murni.

Apalagi saat itu para pemain hanya melempar bola ke rekan-rekan satu tim. Belum ada dribble, sehingga pantulan-pantulan bola pun bukan menjadi fokus untuk bola yang baik. Akhirnya pada tahun 1942, versi bola yang lebih bundar ditemukan. Untuk beberapa tahun berikutnya, material kulit ini tetap digunakan. Hingga tahun 1990-an, material bola yang terbuat dari bahan sintetis ditemukan.

Benar saja, material ini mendapat respon yang sangat positif. Tidak karena dengan adanya material sintetis, bola menjadi bundar sempurna. Pantulan bola pun semakin terasa sehingga para pemain bola basket harus lincah memainkan bola.

Untuk ukurannya, masing-masing Negara memiliki standard yang berbeda.

Tabel Ukuran Bola Basket Standard Internasional, Nasional & NBA

Ukuran Standard Internasional Nasional NBA
Keliling bola 74, 9 – 78 meter 75 – 78 meter 74, 93 – 75, 56 meter
Berat bola 567 – 650 gram 600 – 650 gram 623, 7 gram

 

Merek Bola yang Umum Digunakan

Spalding

Spalding merupakan perusahaan pertama yang mengproduksi bola basket. Dan ini digunakan untuk turnamen resmi. Si pemilik perusahaan ini, A. G Spalding mendedikasikan bola khusus untuk penemu permainan ini juga pada akhir tahun decade 19.

Sejak saat itu, dengan peluang bisnis yang terbuka lebar, perusahaan Spalding terus memproduksi bola untuk bola basket. Mereka juga yang membuatkan bola untuk kejuaraan NBA sejak 1983 secara resmi. Tidak hanya NBA saja namun juga untuk NBA putrid atau WNBA dan NBA Development League. Secara umum Spalding memang memiliki cirri khasnya saat memproduksi bola untuk bola basket. Namun secara keseluruhan, mereka tetap memproduksi bola untuk olahraga lain.

Pada tahun 2012 saja, mereka menjadi produsen resmi bola basket untuk kejuaraan Euroleague dan Eurocup. Nah pada tahun 2010, Spalding juga menjadi supplier tetap bagi NBL Australia.

Molten

Asia juga tidak mau ketinggalan nih. Ya, Molten adalah sebuah perusahaan penghasil peralatan olahraga dan suku cadang otomotif yang berasis di Hiroshima, Jepang. Saat ini Molten masih aktif dan secara resmi mendistribusikan produk bola untuk turnamen-turnamen seperti:

  • Seluruh turnamen internasional yang diadakan oleh FIBA
  • Seluruh acara FIBA Asia
  • VTB United League
  • Liga-liga domestic termasuk NBL Australia, Argentina, Uruguay, British Basketball League, France (Women), Greece, Indonesia, Italy, Lithuania, Phillippines, Poland (Women), dan Portugal.

Sampai musim 2006-2007, mereka telah memproduksi bola untuk kompetisi-kompetisi Eropa secara luas yang diadakan oleh Euroleague Basketball, Euroleague dan ULEB Cup (sekarang Eurocup).

Nike

Nike sempat memproduksi bola untuk bola basket untuk Euroleague Basketball Company (termasuk Euroleague dan Eurocup) dari tahun 2007 hingga 2012. Namun sayangnya harus berpindah ke Spalding sebagai sesepuhnya. Di Pilipila, NCAA dan UAAPP menggunakan tipe Nike 4005 sebagai bola resmi untuk turnamen-turnamen yang resmi pula.

Rawlings

Rawlings sebenarnya sudah menjadi pemain lama dalam produksi bola untuk bola basket yaitu sejak 1902. Namun kalah pamor dengan Spalding. Perusahaan ini telah lama memproduksi apa yang disebut dengan bola TEN dan bola 8-panel. Bola TEN adalah bola resmi yang digunakan untuk Amateur Athletic Union dan Gus Macker. Ini adalah turnamen 3-on-3 bola basket terbesar di Amerika Serikat.

Wilson

Wilson Sporting Goods and supplier bola yang resmi untuk seluruh turnamen post-season NCAA. Sebuah turnamen Divisi I yang popular untuk pertandingan bola basket pria maupun wanita. Wilson juga digunakan oleh banyak tim NCAA selama musim pertandingan berlangsung begitu juga untuk liga-liga sekolahan. Pada tahun 2015, Wilson juga mensuplai bola untuk kompetisi 3×3 yang diselenggarakan oleh FIBA. Seperti Spalding, Wilson juga memproduksi berbagai macam bola sesuai kebutuhan pasar.

Tahun 1946 hingga 1983 mungkin menjadi tahun keemasannya. Mereka menjadi supplier bola untuk NBA.

Oke, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan kali ini. Enjoy.

Disclaimer:

Jika Anda menemukan bagian dari artikel ini ternyata kurang benar atau salah sama sekali, silahkan komen di kolom komentar. NO BULLYING, SARA DKK. Kami menjunjung tinggi informasi yang tepat dan akurat.

Leave a Comment