jumlah pemain bola voli, pemain bola voli, penemu bola voli, william g. morgan, volleyball, peraturan bola voli, cara bermain bola voli, bermain bola voli

Jumlah Pemain Bola Voli – Pantai

Jumlah pemain bola voli

Jumlah pemain bola voli – Setiap permainan bola memiliki ketentuan yang berbeda-beda, salah satunya adalah jumlah pemain. Seperti halnya permainan bola lainnya, dalam permainan bola voli juga memiliki ketentuan jumlah pemain bola voli yang harus diikuti.

Jumlah pemain bola voli untuk setiap tim adalah 6 orang. Posisi setiap pemain di dalam lapangan juga perlu dipertimbangkan. Tiga pemain berada di depan sebagai front row, yaitu di area 3 meter dari net, atau berada di area “attack line”. Sedangkan tiga pemain lainnya berada di belakang area “attack line” sebagai back row.

Peran Pemain Bola Voli dengan Posisinya

Dalam sebuah tim, terdapat empat posisi atau peran penting yang harus dimainkan oleh setiap pemain, yaitu tosser (setter), spiker (smash), libero dan defender(pemain bertahan).

Pemain dengan peran tosser merupakan pemain pengumpan. Tosser bertugas memberikan umpan bola kepada rekan-rekan satu timnya sekaligus mengatur serangan sehingga dapat mentukan alur atau jalannya permainan. Tosser juga harus memiliki kualitas umpan yang baik dan stabil serta memiliki keterampilan umpan yang bervariasi sehingga tim bisa meneyrang lawan dan mendapatkan poin kemenangan.

Pemain dengan peran spiker atau smasher merupakan pemukul bola telak ke area lawan. Tugas spiker adalah memberikan pukulan smash pada bola sehingga terjatuh di daerah pertahanan lawan.Posisi spiker berada di depan, seringkali berpera memberikan blocking pada bola sehingga tidak terjatuh di area lapangan tim. Bisa dikatakan, spiker memiliki dua tugas utama, yaitu sebagai penyerang dan pemain bertahan.

Pemain dengan peran libero merupakan pemain yang mendapat kewenangan khusus, yaitu diperbolehkan dengan bebas keluar dan masuk lapangan meski tidak boleh melakukan smah ke area lapangan lawan. Libero adalah pemain memiliki spesialisasi dalam keterampilan defensif atau pemain bertahan. Ia juga diperbolehkan mengatur pergantian pemain belakang di dalam lapangan tanpa memberitahukan terlebih dahulu ke petugas atau wasit.

Pemain dengan peran defender bertugas mempertahankan bola di lapangan ketika mendapat serangan dari lawan.Sebenarnya semua pemain secara umum bertugas sebagai defender. Namun dalam hal ini, posisi defender dilakukan pada pemain belakang.

Mengenal Voli Pantai

Berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya, jumlah pemain bola voli pantai hanya dimainkan oleh 4 pemain. Masing-masing tim memainkan 2 orang. Selain itu, dalam permainan voli pantai, tidak ada yang namanya pergantian pemain. Ini berbeda dengan permainan bola voli indoor yang memperbolehkan pergantian pemain.

Dua pemain ini berperan sebagai semua posisi yang dibutuhkan untuk mencetak skor. Satu pemain boleh menjadi spiker, tosser, defender ataupun libero. Bahkan, tidak hanya itu saja, para pemain diperbolehkan menggunakan semua bagian tubuh untuk mengembalikan bola.

Permainan Bola Voli Zaman Old

Jika Anda perhatikan, permainan bola voli ini sangat minim pelanggaran antar pemain. Bisa dilihat dari jumlah wasit saja hanya terdapat 2 (dua) wasit. Ini memang sesuai aspirasi pencetus permainan ini.

Namanya adalah William G. Morgan. Lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York, Pak William menciptakan permainan bola voli di Massachusets. Ini berawal dari pertemuanya dengan James Naismith yang merupakan seorang penemu olahraga bola basket.

William beranggapan bahwa permainan bola basket terlalu menuntut fisik seorang pemain untuk tampil maksimal. Walaupun, permainan ini memang sangat popular pada 1895 saat itu. William menginginkan suatu permainan yang lebih nyaman untuk dimainkan banyak orang. Suatu permainan yang tidak terlalu mengandalkan loncatan atau kontak fisik dengan para pemain.

Dikatakan William, ia menginginkan permainan yang tatap mengandalkan fisik. Tetap berkonsep pada sebuah permainan yang bisa dimainkan setelah kerja seharian maupun saat istirahat siang. Permainan yang menyediakan olahraga ringan namun para pemain harus tetap santai – tidak boleh terlalu agresif. Dan yang pasti tidak ada kontak fisik.

Maka dari itu, ia menggabungkan berbagai permainan. Mulai dari bola basket, tenis, bola tangan dan baseball. From bola basket, ia mengambil bolanya yang berukuran cukup besar. Dari tenis ia mengambil net. Dari bola tangan ia mengambil konsep penggunaan tangan dan kemampuan untuk mengembalikan bola di atas net. Dan dari baseball, ia mengambil konsep innings.

Berangkat dari visi dan misi yang sangat “merakyat”, tidak heran pada awal penemuannya, permainan ini mendapat perhatian banyak dari semua kalangan. Tidak heran juga ketika awal penemuannya, meskipun tim tetap terbagi menjadi dua, jumlah pemain bola voli membeludak hanya dalam 1 (satu) lapangan. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai macam peraturan telah dibuat. Jumlah pemain pun diatur sedemikian rupa agar permainan bola voli berjalan dengan lancar dan dapat dinikmati oleh penontonya.

Begitulah pemaparan kami tentang jumlah pemain bola voli dari masa ke masa yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment