wasit bola voli, permainan bola voli, bermain bola voli, bola voli, aturan bola voli, peraturan bola voli, fungsi lapangan bola voli, fungsi garis lapangan bola voli, sea games, voli, lapangan bola voli

Fungsi Garis Lapangan Bola Voli

Fungsi Garis Lapangan Bola Voli

Fungsi garis lapangan bola voli seperti halnya olahraga lainnya yang menggunakan media sebuah lapangan, begitu pula permainan bola voli. Permainan ini berlangsung dengan batasan-batasan tertentu yang diterapkan dalam garis-garis di lapangan. Masing-masing memberikan instruksi tertentu. Masing-masing garis pula, merupakan “wasit” permanen dan “pasif” yang mengatur permainan bola voli.

Orang yang hanya menonton permainan bola voli tetapi tidak pernah memainkannya mungkin berpikir aturannya rumit. Alasan paling umum adalah belum banyak yang memainkan olahraga ini. Sehingga membuatnya kurang mendapat perhatian dari masyarakat pada umumnya. Atau sebaliknya, anda yang tentukan.

Garis Lapangan Sebagai Pembatas

So, di dalam permainan bola voli, garis lapangan menjadi salah satu komponen yang tak bisa dipisahkan. Masing-masing garis membatasi dimana bola bisa dimainkan dan ruang gerak para pemain di dalamnya. Ada banyak hal yang membedakan garis lapangan bola voli dengan garis lapangan permainan bola lain. Setiap garis lapangan bola voli yang membentuk lapangan memiliki fungsi tersendiri.

Lapangan bola voli digambarkan melalui garis. Fungsi garis lapangan bola voli secara umum adalah memberi batasan area yang bisa dimainkan dan memberi pembeda untuk beberapa zona yang membangun aturan permainan bola voli. Garis lapangan bola voli indoor dengan pantai pun berbeda.

Fungsi Garis Lapangan Bola Voli Indoor

Baiklah, akan kami ulas sekilas tentang lapangan bola voli indoor. Pada lapangan bola voli indoor, luas lapangan yang berukuran 18 meter x 9 meter dibagi menjadi dua kotak simetris di kedua sisi net yang dipasang tepat di tengah, membuat lapangan setiap tim bukuran 9 x 9 meter.

Lapangan bola voli dapat digambarkan dan dibagi menjadi beberapa area atau zona. Salah satu area utama dalam lapangan bola voli adalah garis tiga meter yang sejajar atau tepat di depan net di setiap sisi lapangan. Garis 3 meter di depan net ini disebut sebagai “attack line” atau garis serangan, yaitu jarak garis untuk pemain bisa melakukan servis ke lapangan lawan. Attack line inilah yang membagi lapangan 9 x 9 meter menjadi front row dan back row. Sisa lapangan 5 meter di belakang attack line merupakan area back row.

Bukan hanya itu, terdapat garis imajiner yang berada di luar lapangan bola voli yang menjadi pembatas bola voli boleh dimainkan yang disebut dengan area bebas atau “free zone”. Atau beberapa aturan menentukan free zone paling tidak memiliki jarak 3 meter dari garis terluar lapangan bola voli.

Setiap Garis Dalam Lapangan Bola Voli

Setelah memberikan gambaran umum tentang lapangan bola voli, mari menggali lebih dalam. Bagian ini membahas detail tentang setiap garis yang adalah dalam lapangan bola voli. Bola voli dimainkan dalam lapangan dengan panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Lapangan ini dibagi menjadi dua yakni 9 m x 9 m sama besarnya. Sebagai pemisahnya, ada net di tengah-tengah sepanjang 9 m.
Berikut ini pemaparan kami tentang nama-nama garis dalam permainan bola voli dan fungsinya:

1. Garis Serang (Attack Line)
Ini merupakan garis yang berjarak 3 meter dari net. Garis ini membentang dari garis samping (sideline) kanan dan kiri. Panjang garis serang adalah 9 m.
2. Backcourt
Area ini berada tepat di belakang garis serang sampai garis akhir (end line). Area ini seluas dan diapit oleh garis samping (sideline).
3. Baseline / Endline
Ini adalah batas akhir permainan bola voli dapat dimainkan. Tentu saja, apabila bola voli keluar dari garis ini namun bola tetap bisa dikembalikan, maka permainan berlanjut.
4. Garis Tengah (Centerline)
Centerline tepat di bawah net. Garis ini membujur ke arah garis samping kanan dan kiri. Garis inilah yang membagi lapangan menjadi dua. Panjang garis tengah adalah 9 m.
5. Garis Servis
Ini adalah garis untuk melakukan servis. Berada tepat di belakang garis akhir (endline).
6. Garis Samping (sideline)
Ia membentang dari masing-masing tim bagian terluar dari lapangan bola voli atau dari masing-masing endline. Inilah juga yang membatasi bola voli dapat dimainkan.

Melalui fungsi garis lapangan boa voli ini setiap pemain bisa memahami di mana posisinya. Mereka juga tahu harus mematuhi peraturan rotasi bola voli berdasarkan urutan posisinya.

Leave a Comment